Kategori
Tak Berkategori

It’s Not Good Feeling

“Astaghfirullah hal adzim, Allahu akbar.” teriak Meila dan terbangun dari tidurnya di tengah malam.
“Sudah ketiga kalinya, aku bermimpi seperti ini. Pertanda apakah ini? Kenapa hampir sering kali bermimpi asap yang mengelilingi aku. Dan selalu tepat pada tengan malam hari di Hari Kamis seperti ini.” Meila ngedumel sendiri.

Keluar kamar dan menuju dapur. Untuk mengambil minum.
“Allhamdulillah, akhirnya tengah malam harus minum segelas air. Sepertinya sebelum mau lanjut tidur, aku harus berwudhu dan sholat tahajud terlebih dahulu. Karena waktu subuh masih 3 jam lagi.”

Berwudhu dan Sholat Tahajud.
Selesai sholat lalu kembali ke kamar.
“Masih dalam keadaan suci memegang air wudhu, kembali tidur. Semoga tidak terjadi mimpi buruk lagi seperti tadi. Sepertinya nanti cerita saja sama Ibu dan Bapak.”

Adzan sudah berkumandang. Meila tak kunjung terbangun. Memang benar-benar terlelap dalam tidurnya.

“La, bangun. Sudah adzan subuh ini. Nak sudah bangun belum?.” Ibunya mengetuk pintu kamar Meila.
“Meila belum bangun bu, Kok tumben sekali.” Tanya si Bapak..
“Coba Bapak yang mengetuk barangkali suara ibu kurang kencang.”
“Nduk, Meila kamu gak apa-apa kan.? Adzan sudah mulai usai. Ayo waktunya sholat berjama’ah.” Bapak mengetuk dengan keras dan suara lantang.
“Iya pak, ini Meila baru bangun.” Kata Meila
“Nah kan pak, suara ibu mungkin kurang kencang.” kata Ibu
“Yasudahlah bu, kalau Meila sudah bangun. Ibu juga wudhu dan siap siap dulu”. Kata Bapak
“Nduk ayo, buruan keburu subuhnya kesiangan.” Kata Ibu

Sholat berjama’ah

Waktu pukul 06.00
Keluarga Meila sarapan pagi.
“Pak, semalam Meila mimpi buruk dan sama seperti waktu hari itu lagi.”
Tanya Meila ke Bapaknya.
“Mimpi apa to nduk, kamu itu ada-ada saja. Wong namanya mimpi itu ya bunga tidur. Mau tidur itu harus keadaan suci, sebelumnya harus berwudhu dahulu, supaya setan dan jin tidak mengganggu.” Tausiyah Bapak.
“Iya nduk, benar kata Bapakmu itu. Mungkin kamu tidak keadaan suci.” kata si Ibu
“Meila bermimpi, seolah olah itu memang nyata bu. Asap putih itu datang lagi mengelilingi Meila. Meila berdiam dan tak bisa berbuat apa-apa. Tidak lama kemudian, asap itu menyelimuti rumah kita.”
“Yasudahlah nduk, yang terpenting kamu, Bapak, Ibu dan Kakak kamu harus tetap berhati-hati. Semoga tidak ada hal buruk yang terjadi pada keluarga kita.” Ibu menenangkan suasana.

Dua hari kemudian.

“Nduk, hari ini kamu masih ada kuliah tidak? Bapakmu nduk, Bapakmu.” Ibu menghubungi Meila yang sedang berada di Kampus dengan Nada Panik.
“Bapak kenapa? Bu ada apa? Kenapa ibu panik seperti itu.” tanya Meila.
“Kamu pulang cepat ya nduk.” Jawab ibu.

“Gaes aku izin dulu ya. Kalau tugas kabarin. Sepertinya ada sesuatu yang mendesak di Rumah.”

Meila meninggalkan kampus.

Setiba dirumah.

“Bu, Bapak kenapa? Kakak sudah dihubungin belum di kantornya.” tanya Meila dengan panik.
“Ibu juga gk tahu nduk, tiba-tiba Bapakmu sesak nafas seperti itu. Ibu belum sempat menghubungi kakak kamu”. Jawab Ibu
“Yasudah bu, kita bawa Bapak ke Rumah Sakit. Nanti biar Meila menghubungi Kakak”.

“Apakah karena mimpi asap berturut-turut selama tiga kali, dan waktu pun sama pada Kamis malam Jum’at Jadi pertanda bahwa di Keluarga aku akan ada sebuah musibah.? Bapak tiba-tiba jatuh sakit seperti ini.” Meila ngedumel dalam hatinya.

Kategori
Tak Berkategori

Lobby dan Para Kaktus

Matahari beberapa hari ini begitu menyengat tanpa ada tetesan air sedikitpun, kurasa sebentar lagi aku bakal mati jika terus terusan begini. Oh tidak bagaimana ini, aku tak bisa hidup seperti ini. Kulit begitu kerasnya tak mampu menahan terik panasnya matahari, yang akan membuat aku mati kekeringan.” Ya begitulah kata si Lobster dengan nama Lobby.

Beberapa kaktus berdampingan sedang mengamati keluhan si Lobby.

Yasudahlah, kamu tidak perlu mengeluh aku saja meski kecil diam saja meski panas ini sangat menyengat. Sudah nikmati kehidupan ini lah, tak perlu risau soal terik panas ini. Kaktus yang kecil kemudian menyauti.
“Ah tau tuh, mengeluh saja gak akan ada habisnya. Aku saja yang seperti ini tidak pernah mengeluh beruntung kamu memiliki kaki yang bisa berjalan kemanapun kamu pergi. Sedangkan aku saja hanya bisa berdiri dengan menikmati terik panas matahari setiap detiknya bergulir. saut kaktus yang berukuran sedang.

Nuansa dinding serba pink memang membuat kesan menarik dalam sebuah keindahan. Namun kala itu memang panas sangat menyengat ya karena sudah memasuki musim pancaroba berkepanjangan tlah usai, hujan pun tak kunjung datang. Padahal sebenarnya sudah memasuki musim hujan. Sehingga kesan pink telah berubah menjadi kesan yang penuh perdebatan para kaktus dan si Lobby. Beberapa batu-batu pink benda mati yang hanya menemani dan melihat argumen mereka. Karena hanya benda mati sehingga tidak dapat menyauti argumen mereka.

Sudahlah anak-anak tidak usah saling membela diri, kalian tidak tahu apa itu teman Puply sudah lama menemani disini. Dari musim ke musim tidak pernah berubah seperti itu, hanya saja memang butuh sebuah air untuk membersihkan cangkangnya yang besar itu. kata Puply si Kaktus besar.
“Ya mana kita tahu Puply, kita kan anak baru disini.” sahut kaktus besar dan kaktus kecil.
Sebut saja Kiddy si kaktus kecil, dan Trible si kaktus sedang. Mereka memang belum lama berada dalam lingkungan lautan langit batuan pinky, bagi pemilik dekor tersebut menyebutnya. Puply bercerita soal perjuangan Lobby si Lobster dengan dirinya yang sudah berada dalam lingkungan itu sejak lama sekiranya sudah lima tahun silam dan berganti pemilik rumah ke dua kalinya.
“Kalian tahu betapa usangnya kita berdua ini, karena dari awal rumah ini sebelum saat ini kita menjadi debu yang sangat kotor tak ter urus seperti sekarang. Pemilik awal rumah ini dahulu adalah orang yang sangat keras tak memperdulikan lingkungan sekitar. Lobby dan aku hanya bisa selalu termenung dan terdiam ketika tuan petra pemilik rumah dahulu memasuki ruangan ini yang bersebelahan Taman depan.” kata Puply.

Iya tiga tahun silam, tuan Petra sang pemilik rumah adalah orang yang tak pernah memperdulikan lingkungan hanya saja pergi pagi pulang malam setiap hari. Memasuki ruangan itu hanya pada tengah malam sembari menikmati sebungkus rokok dan melihat lampu taman di dekat jendela. Sangat bertolak belakang dengan sang pemilik saat ini sebut saja Stevan. Seorang laki-laki yang sangat rapi selalu memperhatikan sekecil debu dalam ujung ruangan meski tak terlihat kasat mata.

“Iya, tuan stevan adalah orang yang sangat baik, yang mampu merawat aku dan Lobby, tanpa mengurangi rasa yang berbeda dari kita tetap menyamakan dengan merawat sebaik mungkin. Sudah memberikan warna hidup pink dan menambahkan beberapa bebatuan dengan lukisan yang sama. Jadi kita tahu dan merasakan bagaimana menjadi usang kala itu. Yang sekarang sudah segar di pandang. kata Puply.
“Oh tidak!!!, sepertinya cangkang ak semakin mengering karena beberapa panas menyengat dan tuan stevan tidak kunjung pulang kemana perginya.

Lobby semenjak berganti pemilik rumah dia lebih sering mengeluh, karena kurang diberikan air segar didalamnya. Karena memang dia membutuhkan air untuk bisa bertahan hidup.

“Oh, jadi seperti itu ya Puply, berarti aku dan kiddy sangat beruntung tuan Stevan sudah memberikan kesempatan berjumpa dengan kalian puply dan lobby.” Trible menjawab.
“Ah, tetap saja si lobby memang alay, panas gini doang di tinggal tuan stevan sudah seperti itu, gak inget dulu apa dengan tuan Petra kamu diterlantarkan sagat tidak diperdulikan. saut si kaktus kecil.

Si kecil kaktus memang terlihat menyebalkan bagi Lobby karena selalu berkomentar pedas untuknya, iya memang terlihat sangat kecil dan polos sehingga apa yang dia katakan terkadang memang benar adanya seperti itu. Baru dua minggu si kiddy di tempatkan di antara mereka.
“Sudah sudah, tidak sepatutnya Kiddy kamu berkata demikian, lagian Lobby memang berbeda di antara kita tapi tak sepantasnya juga kamu selalu mengatakan hal yang membuat orang lain terluka.” nasehat Puply.

Lobby memang tidak tahan dengan kondisi yang mudah kotor karena dia juga istimewah bisa bertahan hidup di air lebih lama di banding kita kaktus yang lebih bisa bertahan hidup lama di lingkungan kering dan panas. Karena setiap makhluk sudah di ciptakan berbeda beda dan memiliki sisi yang istimewah juga.

“Berarti, kita juga istimewah ya Puply. Meski memiliki duri seperti ini.” Sahut Kiddy si kecil dengan polosnya.
iyap tepat sekali, jadi setiap makhluk diciptakan ada kelebihan dan kekurangan. Demikian aku yang memiliki cangkang keras bukan berarti bisa merasakan panas setiap saat aku membutuhkan air untuk bertahan hidup. Kalian juga memiliki kandungan air sehingga kalian juga bertahan hidup dalam lingkugan panas dan duri kalian untuk melindungi diri kalian sendiri bukankah demikian. Jadi kita tetep harus berysukur atas apa yang sudah diberikan oleh Tuhan. Sahut Lobby dengan penuh semangat lagi.

Pada akhirnya mereka sudah tidak pernah saling menghina kekurangan satu sama lain. Karena setiap makhluk hidup, pasti sudah ditakdirkan untuk memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tidak ada yang salah dalam kekurangan, dan tidak ada yang berlebihan jika memiliki kelebihan.

Kategori
Tak Berkategori

Mengapa Muslimah harus Memiliki Cita-Cita?

Assalamu’alaikum, Hallo Muslimah, apakah sudah memiliki cita cita atau jangan jangan belum?
Nah Cita-cita itu bisa di sebut sebuah impian juga. Karena dengan sebuah impian kita memiliki target atau pencapaian kehidupan yang lebih baik kedepannya. Jadi Sebisa mungkin semua orang harus memiliki cita-cita, impian dan harapan dalam hidupnya. Terutama seorang muslimah ya, bukan berarti tidak bisa memiliki cita-cita selain menjadi seorang ibu Rumah Tangga dan hanya berdiam diri dirumah saja. Tidak masalah bilamana seorang muslimah juga bercita-cita menjadi dokter, guru, arsitek, artis, model, sastrawan, penulis, dosen, presenter, pemimpin pemerintah, pengusaha dan cita-cita lain yang kadang terdengar tinggi oleh beberapa orang, yang bisa dikatakan memang dia masih berproses untuk mendapatkan cita-cita tersebut.
Ya sebagai muslimah harus memiliki cita-cita setinggi-tingginya. Karena ketika kita terjatuh, kita masih berada di antara bintang-bintang dilangit. Dalam arti meski mengalami kegagalan dalam menggapai cita-cita, namun tetap mendapatkan pengalaman berharga dari proses berjalannya waktu dan usaha yang telah dilakukan. Ummar bin Khattab r.a. pernah mengatakan yaitu, “Janganlah engkau sekali-kali memiliki obsesi yang rendah. Sesungguhnya saya belum pernah melihat orang yang paling kerdil dari orang-orang yang memiliki obsesi rendah.”
Cita-cita besar itu merupakan sebuah pintu. Iya pntu kebahagiaan, pintu kesuksesan, pintu kesempurnaan di masa yang akan datang. Jadi seorang muslimah adalah perubahan peradaban. Yang akan melahirkan dan membentuk generasi-generasi yang kelak akan melanjutkan estafet peradaban. Dari seorang muslimah juga ditentukan nasib umat, nasib Islam dan kaum muslimin dalam hal beragama dan bernegara. Inilah peran besar muslimah yang tidak boleh dianggap remeh dan rendah di mata kaum muslim. Sehingga, muslimah harus memiliki cita-cita yang besar, karena perannya yang juga begitu besar untuk peradaban seluruh umat.

Maka dari itu peran seorang Muslimah itu memang jauh lebih berpengaruh dalam kehidupan di bandingkan dengan peran seorang muslim. Bukan hanya dalam berumah tangga saja, namun juga dalam suatu Agama dan Negara pun demikian. Hancurnya bangsa itu mudah bilamana rusaklah semua wanita, dengan sebuah pengaruh buruk jadi bukan dengan cara peperangan lagi.
Sebagai Muslimah muda yang milineal, harus pandai menempatkan diri dalam melakukan sesuatu hal. Entah bagaimana caranya bersikap dalam belajar, berteman dan berkarir. Dengan tetap menjaga akhlaq dan memiliki pendidikan yang lebih baik. Demikian seorang laki-laki harus bisa menjaga dan menempatkan diri dalam bersikap. Saat ini di zaman era milineal sudah banyak sekali wanita berlomba – lomba dalam meningkatkan pendidikan. Sebuah profesi yang dilakukan dan kecemerlangan dalam hal berkarier, itulah yang saat ini menjadi fokus utama mereka.
Pandangan muslimah bukan hanya berfokus pada diri dan keluarganya saja. Di era ini memang sudah sangat banyak pendidikan dan pekerjaan yang sudah dimudahkan oleh pemerintah untuk kaum muslimah. Jadi tidak ada alasan apapun seorang muslimah jika ingin memiliki cita-cita dan impiannya itu. Kemudahan ini semua karena sudah dilakukan oleh seorang pahlawan kita Ibu Kartini, yang sudah menyerukan “Emansipasi Wanita”.
Sedangkan emansipasi wanita itu sendiri yaitu suatu proses pelepasan diri para wanita dari sebuah kedudukan sosial ekonomi yang rendah yang ingin menjadikan kehidupannya lebih baik dalam ber Agama maupun ber Negara atau dari sebuah pengekangan hukum yang membatasi kemungkinan seorang wanita untuk bisa berkembang dan maju di segala bidang dalam kehidupan bermasyarakat. Usaha Kartini dalam memperjuangkan hak wanita untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya dan bisa diberikan kesempatan yang sama untuk menerapkan ilmu yang dimiliki agar tidak direndahkan derajatnya, jadi emansipasi wanita itu tidak semata-mata berfokus pada kesetaraan antara hak laki-laki saja namun seorang Muslimah juga bisa mendapatkan kesempatan yang sama dalam beragam bidang.

Jadi sebagai seorang Muslimah jangan pernah takut untuk memiliki mimpi dan dapat meneruskan cita-cita layaknya seorang muslim. Karena sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak memiliki mimpi dalam menggapai cita-cita, karena Muslimah yang memiliki mimpi dalam berpendidikan untuk bisa mencetak generasi yang lebih baik di masa yang akan mendatang.
Hallo Muslimah, apakah cita-cita itu hanya di Dunia saja?
Kehidupan di dunia ini memang hanya sementara, kita semua akan mengalami kematian. Akan ada kehidupan di akhirat yang selalu mengintai untuk disinggahi selamanya hingga hari kiamat. Dengan begitu kita juga harus perlu ingat cita-cita kita mati dalam keadaan baik secara khusnul khatimah. Rasulullah SAW pernah megatakan dalam sebuah hadits yaitu “harga kenikmatan dunia hanya beberapa tetes air laut, sedang harga kenikmatan surga adalah lautan itu sendiri”. Maka tidak di pungkiri seorang muslimah menggantungkan cita-citanya hanya pada cita-cita duniawi semata.
Padahal yang sebenarnya akhirat lah tempat kembali yang kekal abadi, maka dengan begitu harus memiliki cita-cita tertinggi kita adalah menjadi sebaik-baik hamba di mata Allah, yang selalu bisa bertaqwa kepada Allah yang tidak hanya sholih untuk dirinya sendiri. Dengan menyiapkan dalam beribadah dan melakukan sebuah kebaikan kemudian menularkan pada yang lain, sehingga akan memberikan sebuah manfaat. “ Barangsiapa mati sedangkan ia belum pernah berjihad, dan ia tidak bercita-cita untuk berjihad, maka kematiannya pada salah satu cabang kemunafikan “ ( H.R. Muslim ). Sebagai seorang Muslimah harus memiliki cita-cita bukan hanya di Dunia melainkan juga cita-cita di Akhirat yang lebih Kekal Abadi.

Kategori
Tak Berkategori

Catherine

Dia Catherine berasal dari Surabaya hobby travelling ke berbagai negara, namun dia juga masih keturunan dari orang Chinese. Oh ya dia juga sudah pernah mengelilingi Negara Thailand, Singapura, Malaysia, Australia. Tahun ini dia memiliki impian ingin pergi ke Korea. Usianya 25 dan memang belum menikah. Karena masih ingin merasakan bebas pergi kemanapun dia mau. Dia hanya bekerja mengelola usaha papanya kain batik. Ketika travelling dia pun tidak lupa untuk membawa baju batik sekaligus mempromosikan ke sosial medianya. Dan ada pula yang ingin menanyakan soal baju batik dan ingin membelinya. Ya bonus juga buat usaha papa sekaligus mengembangkan potensi baju batik asli Indonesia ke berbagai negara.
Kini pelanggan papa tidak hanya dari rana nasional namun sudah ke internasional. Hari demi hari dia menabung untuk bisa Travelling ke Korea setelah Natal. “pa aku natal tahun ini ingin ke Korea, ya seperti biasanya pa, mempromosikan usaha batik ayah juga. Jadi menyelam sambil minum air”. Kata catherine. Namun papanya diam saja. “pa kenapa diam saja, boleh kan pa harusnya bangga dong anaknya bisa ke Korea”. “nak kamu belum mengetahui ya?. Bahwa kamu masih memiliki keluarga di Korea”. Jawab papanya dengan nada sedih. “ha? Siapa pa, yang benar saja, bukannya kita hanya keturunan chinese kagak ada Koreanya”. Catherine merasa kebingungan, karena setau dia hanya memiliki keluarga Chinese dan kakeknya pula sudah meningg dari dia masih kecil. Padahal yang sebenarnya adalah kakeknya masih hidup di Korea tidak ingin pergi ke Indonesia. Karena tidak pernah menganggap Papa Cathrine sebagai anaknya lagi. “pa gimana sih, jangan bikin bingung deh, keluarga kita kan ada beberapa yang di Cina semua. Bukan malah di Korea”. Papa Cathrine masih terdiam berfikir untuk menjelaskan.

Sebenarnya kakek Cathrine adalah seorang pegusaha pelukis patung batu di Korea dan memang Kakeknya seorang pelukis seniman yang handal. Papa Cathrine tidak mengikuti jejak seperti Kakek Cathrine yang seorang pelukis batung batu. Namun hanya menjadi seorang pengusaha batik. “Sebenarnya dulu kakek kamu tidak pernah mengizinkan papa untuk menikah dengan mama kamu, karena mama kamu yang berasal dari orang Jawa yaitu Surabaya. Namun papa masih ingin mempertahankan menikah dengan mama kamu. Jadi kakek kamu tidak mengakui papa sebagai anaknya. Ketika dulu papa mama mendatangi kakek di Korea, sama sekali tidak ingin menemui berbicara dengan papa dan mama disana. Ya akhirnya papa sudah tidak pernah kembali Ke Korea dan stay di Surabaya haya merintis usaha batik”.
Mata Cathrine jadi berkunang-kunang mendengar cerita papanya, yang memang tidak disangka seperti itu. “Papa sama Mama kok bertemu, lalu bertemunya dimana?”. “dulu Papa bertemu dengan Mama kamu ketika Student Banding dari Korea dan Surabaya di Bandung. Mama kamu terlihat menggemaskan waktu itu, dan membuat Papa tertarik dan sebenarnya juga keluarga Chinese itu keluarga Mama kamu. Yang akhirnya kita berkenalan, dekat bertukar nomor handphone kala itu. Tidak seperti sekarang ada whatsapp bisa video call juga”. “Terus kalau aku ke Korea nyamperin Kakek gitu gimana pa, boleh gak?”. “papa selalu mengizinkan, hanya saja papa kurang tau. Kakek kamu kayak gimana sekarang? Kakek kamu memang seorang seniman yang handal, mekulis di Batu, lukisan, Patung.
Namun Papa tidak bisa meneruskan jejak kakek kamu”. Natal pun tlah tiba, Catherine sudah bersiap-siap untuk pergi Ke Korea. Awal yang ingin dia temui adalah Kakeknya. Karena memang ingin mengetahui kakeknya seperti apa dan bagaimana?. Penerbangan telah sampai di Korea Cathrine pun mencari nama dan alamat dimana kakeknya tinggal. Setelah berkeliling. Catherine baru menemukan tempat tinggal kakeknya. Dengan bahasa korea dan bahasa inggris yang dia bicarakan untuk menanyakan Kakek Park Jo Hun seorang pelukis seniman yang terkenal di Korea. Namun Cathrine belum menemukan kakeknya yang mana?. Hanya saja ada seorang laki-laki tua yang sudah berkisaran kepala tujuh segar gagah dengan rambut putih yang masih sehat kuat. Dengan bahasa korea “Anda dengan siapa? Sepertinya mata anda mirip dengan seseorang namun aku tidak dapat mengingatnya. “Apakah kakek Park Yo Ju Hun pelukis patung dan batu di Korea? Papa saya yang kini memiliki usaha batik di Indonesia. Papa sangat merindukan Kakek”. Air mata berkunang-kunang sangat terlihat di mata Kakek. “Cucu aku, sudah besar seperti ini? Maafkan kakek yang sudah jahat terhadap kalian, kakek ingin berjumpa dengan papa kamu. Namun kakek tidak mengetahui papa kamu tinggal, dan sudah tidak memiliki kontak untuk berkomunikasi untuk meminta maaf. 25 tahun sudah kakek jahat dengan kalian”. Akhirnya Cathrine menangis dan memeluk kakeknya penuh kehangatan. Setelah itu Cathrine perlahan belajar melukis di batu dan patung, dengan begitu Cathrine ingin mengajak Kakeknya untuk pergi ke Indonesia bertemu dengan Papa dan Mama.

Kategori
Tak Berkategori

The Perfect Of Achievment


Lailatul Istiqomah, SM (Istiqomah Sweet)

Hari pertama Aila sekolah di Sekolah Dasar Negeri yang berada di Kota kelahirannya yaitu di Jawa Timur. Dia memang anak yang sangat aktif dan mudah akrab dengan siapa saja. Meski dia hanya seorang anak-anak, namun kecerdasannya sudah terlihat sejak dini. Karena terlihat dari cara dia melakukan sesuatu tanpa meminta orang lain dan tidak manja seperti yang dilakukan oleh anak kecil pada umumnya. Mengikuti lomba agustusan ataupun lomba yang diadakan sekolah dia selalu mendapatkan juara pada tingkat seusianya yaitu berusia 4-6 tahun. Orang tuanya selalu mendukung atas semua kegiatan yang dia sukai. Hari pertama masuk Sekolah Dasar, dia pendiam dan tidak banyak bicara.

Hanya saja ada anak laki-laki yang mendekati dan mengajaknya untuk berbicara dia bernama Adam di dalam kelas. “Hai nama kamu siapa? Aku Adam, rumah aku di belakang sekolah sini”. Anak laki-laki ini sedang memperkenalkan dirinya. Dia anak laki-laki yang putih bersih, terlihat seperti bukan anak laki-laki yang berasal dari Jawa Timur.

“Nama aku Aila, iya nanti kita bisa belajar juga bermain bersama ya Adam”. Sahut Aila dengan ceria. Seorang Guru pun sudah datang. “Selamat pagi anak-anak, saya ibu Zahroh wali kelas di kelas 1. Baik sebelum dimulai kelas pada hari ini marilah kita berdoa terlebih dahulu. Berdoa dimulai”. Seluruh siswa menundukan kepala dan berdoa didalam hati. “Berdoa selesai, baik anak-anak hari ini adalah hari dimana kalian semua memasuki kelas sekolah dasar. Awal kelas hari ini hanyalah memperkenalkan diri kalian masing-masing, hobby atau kesukaannya apa? Kemudian cita-cita nya juga apa?. Siapa yang berani mau maju terlebih dahulu untuk memperkenalkan diri, dengan mengacungkan tangan kanan ya”. “saya bu, saya mau maju terlebih dahulu”. Teriak Aila dengan semangat sambil mengacungkan tangan kanannya.

“Selamat pagi teman-teman perkenalkan nama saya Aila, rumah saya di Arief Rahman Hakim. Saya suka bermain dan belajar. Cita-cita saya ingin menjadi model dan artis. Dengan penuh semangat Aila memperkenalkan dirinya. Dia termasuk anak yang berani untuk tampil di kelas depan teman-teman barunya. ih jadi model artis jelek hitam mana bisa?. teriak anak perempuan yang duduk dibelakang. Serentak semua anak kelas menertawakannya. hahahahahha jelek, hitam. sudah anak-anak jangan berisik. Sahut Bu Zahroh.

Akhirnya Aila kembali ke tempat duduknya yang berada tepat tengah paling depan dengan pasang tampang sedih, karena dia merasa malu diperlakukan seperti itu. “kamu jelek hitam begitu mau jadi artis, artis mana ada yang jelek”. Anak yang di belakang Aila juga lanjut mengoloknya. “Tidak sepatutnya kita mengolok-ngolok teman sendiri, apapun cita-citanya semuanya itu baik. Baik giliran selanjutnya siapa lagi yang ingin maju”. Nasehat bu Zahro di depan anak-anak.

Adam selanjutnya maju kedepan kelas, untuk memperkenalkan diri. “Hallo teman – teman, perkenalkan saya Adam. Rumah saya dekat sekolah. Saya suka dengan menggambar. Cita – cita saya ingin menjadi Polisi”. Perkenalan semua siswa siswi selesai semua. Waktu sudah menunjukan pukul 10.00, semua sudah waktunya meninggalkan sekolah.

6 tahun pun berlalu. Selama 6 tahun akhirnya masa Sekolah Dasar sudah selesai. Selama perjalanan 6 tahun, prestasi Aila sudah sangat membanggakan meski dari awal hingga 6 tahun dia selalu di hina, di bully oleh seluruh teman sekolahnya. Tidak ada teman yang mampu membantu setelah dua tahun Adam meninggalkan Aila. Adam pindah sekolah karena harus mengikuti Ayahnya yang mendapatkan tugas pekerjaan di luar kota. Aila sangat sedih karena dia tidak memiliki sahabat lagi yang bisa membela dirinya. Namun dengan begitu meski Aila sangat tertekan dia harus tetap bertahan untuk melanjutkan pendidikan.

Banyak yang tidak menyukai Aila karena kepintaran yang dia miliki, meski dia terlihat hitam, jelek, culun dan polos. Namun dia tetap Aktif mengikuti berbagai macam kegiatan lomba dalam bidang akademi dan non akademi. Dia mendapatkan juara kelas, juga mendapatkan juara dalam bidang olahraga. Namun ketika seleksi test memasuki sekolah negeri yang dia impikan, dia belum beruntung untuk lolos. Yang pada akhirnya sekolah swasta lah, dia melanjutkan pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Sekolah tersebut merupakan masuknya siang hari. Tidak seperti sekolah Negeri yang masuk pagi.

Hari pertama MOS (Masa Orientasi Siswa), Aila sudah mempersiapkan bahan – bahan atribut yang sudah di tentukan oleh Osis di sekolahnya. sebuah kardus dijadikan sebagai id card, kemudian tali rafia dijadikan tali dan dibuat seperti srabut srabut yg dipasang sebagai topi dikepala. Dengan bermake up layaknya seorang badut. 3 hari MOS berjalan dengan baik. Pada akhir MOS Aila juga mendapatkan penghargaan karena telah menjadi peserta MOS yang memiliki bakat dan aktif. Bisa membuat kelompok Aila juga menjadi the best team. Karena dia menjadi ketua teamnya, sehingga Aila memaksimalkan seluruh usaha, tenaga dan fikirannya untuk menjadi yang terbaik dari yang lainnya.

Kelas awal yaitu masih tahap perkenalan Guru wali kelas. Aila masuk kelas 7B. Kelas awal hanya mencatat jadwal dan membagikan buku buku pelajaran selama satu semester. Lagi lagi Aila hanya memiliki satu teman. Yang bernama Ria. Aila juga suka duduk di kelas paling depan dekat papan tulis. Karena dia merasa tidak dapat melihat tulisan yang ada di papan tulis. Akhirnya dia memutuskan untuk memeriksakan mata nya. Ternyata mata dia bermasalah minus 2. Ke esokan harinya di sekolah, lagi lagi dia dapat bully an oleh temannya. “Eh ada anak cupu datang ke sekolah nih”. Panggil sosok seorang anak cewek, yang ternyata dia teman sekolah selama 6 tahun itu yang bernama wati. Aila memang pendiam tidak pernah membalas atas perlakuan wati. Yang dulu merupakan ketua geng yang suka membully dan menghina Aila.

3 tahun pun berlalu. Selama 3 tahun akhirnya akhirnya masa Sekolah Menengah pertama sudah selesai. Selama perjalanan 3 tahun, prestasi Aila sudah sangat membanggakan lagi meski dari awal hingga 3 tahun dia selalu di hina, di bully oleh seluruh teman sekolahnya. Seperti yang telah terjadi ketika dia Sekolah Dasar. Namun Aila tidak pernah menyerah meski di Sekolah tidak memiliki teman. Bukan berarti Aila tidak pernah memiliki prestasi. Berbagai akademis yaitu lomba bahasa Inggris dan non akademisnya yaitu dia mengikuti ekstra bela diri. Dari semua itu Aila selalu mendapatkan juara dan mendapatkan beasiswa selama masa dia sekolah 3 tahun.

Tapi lagi – lagi masa tahap tes dan seleksi Aila tidak bisa masuk dalam SMA Negeri yang tidak di inginkan. Karena memang ada nilai raport dia yang tidak tercukupi. Itu tidak membuat Aila putus. Akhirnya dia masuk sekolah swasta yang dia inginkan dan melanjutkan menjadi seorang atlet. Kini Aila yang sudah menjadi atlet hingga ke tingkat Provinsi.

Kategori
Tak Berkategori

Crusia dan Pangeran Bunga

Setiap tengah malam, tepat pukul 12 malam putri kumbang selalu berdansa di bawah gemerlap bintang-bintang. Sendiri sepi hanya suara sepasang jangkrik yang menemani. Crausia adalah nama sebutannya, dia memang suka menyendiri ketika malam hari dan sepasang jangkrik adalah sahabat baiknya.
“Hanya kita yang tahu alasan Crausia selalu keluar tengah malam dan berdansa sendirian, karena memang tugas berat selalu diberikan ketika siang hari oleh Loly tante yang jahat kepadanya, setelah Raja dan Ratu telah di hilangkan oleh Loly”. Kata Jack berbincang kepada Jo.
“Iya tepat sekali, saat ini memang kita tidak bisa berbuat banyak karena kita juga setiap malam kita selalu berubah seperti ini”. Jack dan Jo adalah pengawal kerajaan yang sudah dipercaya dan kini sudah di sihir menjadi seekor jangkrik.
“tiada hari yang lebih indah, kecuali sepanjang malam. Meski aku bukanlah wujud seorang putri kerajaan pada malam hari, hanya seekor kumbang. Namun aku selalu bahagia karena tidak ada beban yang aku rasakan. Aku bisa menikmati kebebasan ini pada malam hari.”Crausia berbicara dengan sendirinya sembari menari keluar di Istana Lavender dia menyebutnya.
Setiap pagi dia melakukan banyak pekerjaan, yang tidak seharusnya dilakukan oleh sang putri. yaitu menanam dan merawat kebun bunga lahan milik Istana kerajaan. Karena Raja dan Ratu sangat menyukai tanaman semua lahan yang ada merupakan pemilik Raja dan Ratu. Hanya saja akan di wariskan kepada sang Putri. Namun adik dari baginda Ratu selalu ingin menguasai warisan lahan bunga tersebut. Dengan menghilangkan Raja dan Ratu entah kemana dengan kekuatan sihir yang diperoleh. yang akhirnya Sang putri pun dirubah menjadi kumbang. Memang Loly selalu ingin merebut kebahagiaan sang Ratu, namun tidak pernah berhasil. Yang saat ini memang akan menghilangkan orang yang merebut kebahagiaannya. Loly memang dari awal menyukai seorang pangeran Sams yang saat ini menjadi Raja, namun Sang pangeran menyukai putri Claudia. Hingga memiliki anak Crausia, Loly akan menghilangkan dengan cara Sihir yang saat ini sudah dimiliki.

“Mentari pagi sudah bersinar lagi, cepat sekali aku harus memberikan nutrisi pada bunga bunga yang selalu memberiku kebahagiaan di sepanjang hari”.
Pagi hari sang putri menjadi manusia kembali, dengan bergegas pergi ke kebun.
“Crausia dimana kamu, lihat ada beberapa bunga yang layu. Kamu bisa tidak menyelesaikan semuanya. Kamu mau selalu menjadi Kumbang yang tidak akan pernah kembali menjadi manusia seutuhnya”. teriak Loly di kebun melati.
Padahal sebenarnya beberapa bunga tidak layu, hanya saja sudah dirusaknya.
“Maaf baginda, memang saya belum menghampiri melati pagi ini”. dengan lari terbirit birit karena sang putri merasa takut.
“Lihat saja, jika tanaman dan bunga bunga ku masih tampak tidak sehat layu seperti diri kamu yang menyedihkan itu”. pergi dengan melemparkan beberapa melati ke tampang sang putri yang cantik jelita.
Selalu diperlakukan seperti itu. Tidak lama kemudian ada seorang pemuda yang datang menghampiri Loly. Meski dia hanya menjadi penguasa kerajaan sementara, semua rakyat dan pengawal lainnya wajib memanggilnya baginda.

“Permisi selamat pagi Baginda”. Sapaan hangat seorang pemuda itu yang tampak gagah dan menawan.
“kamu siapa? ada perlu apa? atas perintan siapa berani beraninya kamu menghampiri saya tanpa ada pengawal saya yang mendampingi”. kata Loly yang memang tidak mengetahui bahwa pemuda itu seorang pangeran.
“Maaf baginda, mereka langsung mengizinkan saya masuk secara langsung menemui baginda”. Jawab pemuda itu.
Padahal para pengawal memang sudah mengetahui dan pangeran tidak mengizinkan bahwa dirinya pangeran yang akan menyamar di dalam Istana Lavender.

Kategori
Tak Berkategori

Pola Sehat Ketika Berpuasa

Ketika menjalankan ibadah puasa banyak dijadikan alasan untuk tidak bisa bekerja secara maksimal dan optimal karena merasa lemas, lesu, bahkan yang cenderung adalah mengantuk dan menjadi merasa lemah sehingga berakibat terhadap menurunnya kinerja dan produktivitas kerja dalam sehari-hari.

Cara agar tetap sehat dan segar selama puasa yaitu :

Saat sahur

1. Jangan lupa tetap mengkonsumsi makanan bergizi baik. Meski hanya menu sederhana, yang penting tetap mengandung 4 sehat 5 sempurna yaitu seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. saat berpuasa bahan makanan penghasil energi utama seperti karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan protein yang masuk ke tubuh kita relatif tidak sebanyak hari-hari biasa. Maka dari itu di lakukan ketika sahur.

2. Setelah makan upayakan juga untuk memakan buah-buahan ataupun bisa diganti dengan kurma sebagai penutup makanan terakhir.

3. Kemudian di akhiri dengan minum air hangat. Setelah minum air hangat jangan sesekali makan ataupun minum yang berasa lagi, karena dengan air hangat akan melunturkan sisa makanan yang ada di dalam kerongkongan dan juga membersihkan sisa-sisa makanan yang berlemak. Jangan mengakhiri dengan minuman yang mengandung soda ataupun berkafein. Air putih hangat yang akan memberikan penetralan setelah makan.

4. Setelah itu baru menggosok gigi setelah makan.

5. Setelah makan sahur jangan langsung tidur. Tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan. Jadi dengan menunggu imsak dan subuh juga bisa sambil membaca Al-Qur’an.

Saat berbuka

1. Usahakan ketika berbuka puasa jangan langsung minum dengan air dingin ataupun es, sebaiknya berbuka dengan minuman yang hangat terlebih dahulu. Namun kebanyakan setelah waktu berbuka segera meminun air dingin atau air es.

2. Minum dan makan dengan yang manis manis, bisa juga manisnya kurma sunnahnya adalah dengan berbuka memakan kurma sebanyak 3 biji.

4. Kemudian beristirahatlah kurang lebih satu jam sebelum menyantap hidangan berbuka yang telah dihidangkan. Tujuannya untuk memberikan keseimbangan terlebih dahulu pada pencernaan kita.

5. Jangan mengkonsumsi makanan berlebihan dan makanan asinan. Berbuka puasa hendaknya dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru agar lambung bisa bekerja dengan baik. perbanyaklah mengkonsumsi jenis makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah.

6. Selain memperbanyak makanan berserat dan makanan yang mengandung protein, sebaiknya Anda juga menyediakan jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral serta makanan tambahan agar tubuh tetap segar bugar sepanjang hari. Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C. Tapi kalau Anda sudah makan buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan, maka tak perlu khawatir kekurangan vitamin tersebut.

7. Bagi penderita sakit lambung makanan yang sebaiknya dihindari adalah ketan, mie, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, sayuran berserat, minuman yang mengandung soda, makanan minuman asam, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asam). Jenis makanan tersebut bisa meningkatkan produksi dari asam lambung tersebut.

8. Bagi mereka yang berat badannya melebihi berat badan ideal, sebaiknya selama berpuasa pun tetap menghindari makanan yang tinggi kolesterolnya, misalnya lemak hewan, margarin, mentega. Selain itu, sebaiknya Anda menghindari makanan yang manis-manis, seperti dodol, sirup, cokelat, kue tar, es krim. Selain lebih banyak mengkonsumsi sayur, buah, dan daging tanpa lemak, pengolahan makanannya pun sebaiknya jangan digoreng.

9. Sedang bagi mereka yang terlalu kurus, selama berpuasa sebaiknya menambah porsi susunya dan menghindari makanan yang sulit dicerna seperti sayuran berserat kasar (daun singkong, daun pepaya).Bagi mereka yang berusia lanjut, aturlah pola makan saat berbuka puasa juga secara bertahap. Makanlah jumlah yang lebih sedikit, namun dilakukan beberapa kali.

10. Setelah berbuka puasa jangan langsung tidur. Tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.

11. Jangan lupa untuk tetap berolahraga. Usahakan juga selama seminggu dua kali untuk melakukan olahraga jogging, streching, senam. Melakukannya bisa pagi hari ataupun sebelum buka puasa, ataupun setelah sholat taraweh. Untuk tetap bisa menjaga kebugaran tubuh.

Kondisi tidak sehat yang paling sering dirasa adalah flu, radang, asam lambung naik. Penyebabnya itu timbul ketika berpuasa akibat pola hidup yang tidak sehat yang dilakukan tanpa sadar dan menjadi kebiasaan selama berpuasa, seperti kebiasaan makan sahur yang banyak,minum air dingin atau es dan banyak makan yang berminyak ataupun berlemak kemudian makan yang berlebihan pada saat berbuka, kurangnya konsumsi buah-buahan dan sayuran, tidur seharian sampai tidak berolahraga.

Untuk menghindari kebiasaan kurang sehat tersebut, perlu pengaturan makan dan minum pada saat sahur atau berbuka puasa, agar tubuh kita tetap sehat dan segar sepanjang hari selama berpuasa jangan lupa untuk olahraga dan istirahat yang cukup.

#Day(14)
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallenge30HRDC
#30HariRamadhanDalamCerita
#bianglalahijrah
#IstiqomahSweet

Kategori
Tak Berkategori

Pentol Cilok Sederhana

Hasil pentol cilok yang sudah jadi

Wah, siapa sih yang gak suka yang namanya pentol cilok. Hampir kebanyakan suka kan ya. Jadi kegabutan hari ini aku sudah membuat pentol cilok dengan bahan ala kadarnya deh. Ya faktor anak kos yang hemat dan butuh cemilan jadi gitu ya. Apapun itu alat dan bahannya jadi tetap harus ada hasilnya, iya makanan yang bisa di makan dong. Hanya peralatan kompor portable yang biasa dibuat mendaki, gas tabung yang biasa di perjual belikan di Alfamart dan juga nesting khusus menggoreng.
Untuk bahannya sendiri sebagai berikut :
1. Tepung Tapioka
2. Tepung Terigu
3. Garam
4. Royco
5. Bawang putih
6. Ladaku
7. Telur

Untuk bahan bumbunya itu sendiri itu :
1. Pecel
2. Kecap Pedas
3. Cabai
4. Bawang goreng

Membuat bumbu atau saos :
1. Larutkan bumbu pecel dengan air mendidih
2. Potong cabe hingga halusalu dicampurkan
3. Tambahkan garam, royco dan bawang goreng
4. Aduk hingga sudah tercampur semua lalu tambahkan kecap pedas

Langkah-langkahnya :
1. Memasang gas terlebih dahulu pada kompor portable.
2. Merebus air panas hingga mendidih
3. Larutkan tepung tapioka dan tepung terigu dengan air panas.
4. Masukan garam, ladaku, royco dan bawang putih yang sudah di cincang sampai halus. Aduk hingga merata.
5. Merebus air kembali untuk memasukan adonan pentol cilok.
6. Jika adonan sudah tercampur kemudian buat bola-bola dengan sendok (adonan di isi dengan telur yang sudah di dadar dan bawang goreng) lalu masukan ke dalam air yang sudah mendidih tadi.
7. Angkat pentol cilok yang sudah terapung kedalam mangkok.
8. Setelah bumbu tercampur, kemudian dimasukan kembali kedalam nesting penggorengan, masukan pentol cilok tambahkan sedikit air. Aduk hingga bumbu meresap kedalam pentol cilok tersebut. Tiriskan dan siap di santap untuk berbuka puasa.

Ya begitulah hasil dari pembuatan pentol cilok hari ini dengan alat dan bahan seadanya. Selama ada alat dan bahan tidak menyulitkan untuk memasak apapun. Asal ada kemauan saja. Karena setiap orang juga pasti memiliki tata cara memasak yang unik dan berbeda. Tergantung bagaimana caranya bisa berkreasi soal makanan tersebut. Untuk menambahkan bahan lebih lainnya juga bisa, tergantung adanya bahan dan selera orang itu masing-masing.

#Day(13)
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallenge30HRDC
#30HariRamadhanDalamCerita
#bianglalahijrah
#IstiqomahSweet

Kategori
Tak Berkategori

Benefit Cewek Tomboy

Ada beberapa hal yang di sukai cowok dari cewek tomboy di antaranya yaitu :
1. Simple
Cewek tomboy jarang ada yang berlama-lama di depan cermin hanya untuk make up dengan memakai maskara atau bulu mata palsu, melukis eye liner dan alis. Untuk baju mereka juga casual tanpa ribet dan tak perlu lama-lama di depan cermin. Kebanyakan mereka tidak akan heboh ketika hujan, berkeringat atau potensi lain yang bisa membuat makeup luntur.

2. Cuek
Cewek tomboy jarang pilih-pilih makanan. Mereka bisa makan nasi padang, minum es di pinggir jalan atau makanan apapun yang sering ditolak cewek diet. Kalaupun si tomboy ini menganut paham makan untuk kesehatan, mereka masih mau makan apa saja, tapi tidak serepot kebanyakan cewek yang lagi diet.

3. Easy Going
Cewek tomboy biasanya mudah bergaul dengan siapa saja, tidak pilih-pilih teman dan menerima perbedaan yang ada. Jika cewek pada umumnya takut dengan tikus dan kecoa, cewek tomboy akan menyelamatkan sahabat feminimnya dari dua hewan itu dengan santai. Pokoknya mereka bisa diandalkan. Kebanyakan cewek tomboy lebih banyak memiliki teman cowok, jadi nih kalau punya cewek tomboy jangan mudah cemburu aja. Karena memang dominan temannya adalah cowok. Dan cewek tomboy itu sendiri gak mudah untuk jatuh hati.

4. Aktif
Cewek tomboy itu aktif, bisa melakukan hobby yang dilakukan cowok, seperti bela diri, basket, mendaki. Dan biasanya juga mengerti sepak bola lengkap dengan jadwal pertandingannya, bisa main game PS, bisa diajak lomba lari, bahkan mengerti soal mesin ataupun listrik. Wanita tomboy biasanya lebih banyak memahami dunia cowok, sehingga mereka paham mengapa cowok begitu gila sepak bola, games, nonton anime dan tidak akan ngambek kalau si cowok sedang heboh mendukung tim kesayangannya ataupun hobby games.

5. Mandiri
Ketomboyan itu membuatnya jadi cewek yang lebih mandiri dan tidak rewel saat hang out oleh teman-teman prianya. Cewek tomboy juga tidak keberatan naik turun mikrolet, bus umum atau ojek. Tidak keberatan membawa barang-barang mereka sendiri yang cukup berat (mayoritas backpaker cewek adalah cewek tomboy). Mereka juga punya keberanian ekstra, tidak takut menyelam, tidak takut mendaki gunung, mereka tangguh dan tidak akan ngambek ribet jika hanya sekedar hujan, panas atau kena kotoran dan debu.

6. Terbuka
Cewek itu lebih suka pemendam perasaan. Sering bilang “tidak apa-apa” tapi sebenarnya ada apa-apa. Biasanya cewek tomboy lebih terbuka dan jujur, dia suka dia bilang suka, jika tidak ya tidak. Lebih ke konsisten. Jika cowok menanyakan apakah dirinya gemukan, cewek tomboy tidak akan bilang “Nggak kok,” karena mereka lebih mungkin jujur mengatakan “Iya kamu gemukan banget, kebanyakan makan hati tuh,”. Biasanya cowok justru lebih suka dengan kejujuran daripada selalu menerima jawaban “Nggak kok,” padahal jelas-jelas bohong.

Jadi tak ada alasan Anda tidak percaya diri karena menjadi cewek tomboy. Cewek tomboy juga tetap cantik dan menawan dengan kelebihan dirinya. Karena gak semua cewek tomboy juga tidak baik. You should be proud of yourself!

#Day(12)
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallenge30HRDC
#30HariRamadhanDalamCerita
#bianglalahijrah
#IstiqomahSweet

Kategori
Tak Berkategori

Menjadi seseorang yang menarik !

Setiap orang itu pasti memiliki tipikal orang yang disukai ataupun dicintai. Semua tetap kembali ke selera masing-masing. Meski hanya sebuah kata dan kalimat. Untuk dibagikan tetap saja akan ada manfaat kedepannya. Disini aku akan berbagi soal bagaiamana caranya menjadi seseorang yang kece dan menarik di antaranya :

1. Bersikap murah senyum dan ramah.

Murah senyum bukan berarti tidak ada orang mesti tersenyum sendiri kan. Dengan bertemu orang baru, dengan menyapa orang murah senyum dan ramah akan membuatmu lebih menarik. Karena budaya orang Indonesia itu sendiri adalah murah ssnyum dan ramah. Tidak perlu takut bahwa kamu menjadi orang yang terkadang berfikir kamu orang yang sok kenal dan sok akrab. Karena di dalam itu senyum adalah ibadah. Ibadah paling murah dan mudah, namun tidak semua orang juga bisa melakukannya.

2. Melakukan perbuatan baik tanpa ada motivasi lain.

Berbuat baik dengan adanya sebuah motivasi bahwa aku akan terlihat baik, perduli agar seseorang itu bisa menyukaiku. Melakukan kebaikan karena ingin meningkatkan citra diri. Apapun motivasi dari niat perbuatan ‘baik’ kita, sebaiknya bukan merupakan alasan semu untuk kepentingan diri sendiri. Pepatah mengatakan, “sebaiknya jika tangan kanan memberi, tangan kiri jangan diberi tahu”. Jadi berbuat baik jangan menggunakan motivasi yang lain.

3. Tidak suka mencari sebuah alasan.

Kata orang jawa “alas iku ombo, luweh ombo alasanmu” yang dimaksud dalam artian itu adalah Hutan itu luas, tapi lebih luas lagi alasan kamu. Jadi jangan menjadi orang yang memiliki banyak alasan untuk menghindari masalah, yang seharusnya dilakukan adalah dengan mencari solusi kedepan bukan malah mencari sebuah masalah untuk menghindar. Maka dari itu menjadi seseorang untuk mencari jalan keluar (problem solving) itu lebih baik daripada menjadi seseorang yang mencari alasan (excuser).

4. Memberi tanpa pamrih.

Berbuatlah kebaikan, jangan minta imbalan apapun, jangan berpamrih, lakukan dengan tulus dan ikhlas, Melepas budi kebaikan, tanpa mengingatnya lagi. Perbuatan baik, seperti menanam benih, kita menanam benih labu, maka kita akan mendapatkan labu, kita menanam benih padi maka kita akan mendapatkan padi.

5. Selalu berfikir positif dan optimis.

Dengan berfikir positif dan optimis akan membuat hidup seseorang bisa berjalan dengan baik, tanpa memiliki rasa keraguan dalam melakukan aktivitas atau menjalankan sesuatu, tanpa memiliki rasa takut untuk terus mencoba, tidak merasa takut ketika kegagalan itu datang.

6. Selalu datang tepat waktu.

On time dalam setiap mengikuti kegiatan ataupun aktivitas. Tidak mengulur waktu dan membuang-buang waktu dalam melakukan pekerjaan. Meski terkadang Indonesia juga dikenal dengan yang namanya jam karet, bukan berarti harus datang terlambat. Sebisa mungkin sebelum acara di mulai sudah berada di tempat kegiatan itu, meski kita tahu bahwa kegiatan tersebut tertunda. Karena terkadang tidak semua waktu kegiatan itu juga akan tertunda, bisa jadi acara akan langsung di mulai.

7. Bersikap rendah hati dan tidak sombong.

Dengan memiliki rendah hati, seperti layaknya padi “Semakin berisi maka akan semakin merunduk”. Itu membuat seseorang untuk tidak berperilaku menyombongkan diri. Meski merendah bukan berarti tidak mau berbagi ilmu yang sudah di milikin. Karena di atas langit masih ada langit, jika kita merasa bahwa diri kita sudah merasa memiliki apapun yang bisa kita raih saat ini.

8. Menunjukkan rasa bersyukur dan tidak mengeluh.

Selalu bersyukur atas apa yang sudah diberikan, tidak mengeluh dengan membandingkan kehidupan kita dengan orang lain. Karena masih banyak di luaran sana yang kurang dari kita. Maka dari itu menikmati dengan rasa syukur yang saat ini sudah diberikan oleh Allah. Dengan memulai kegiatan ataupun aktivitas dengan membaca بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
(Bismillahirrahmanirrahim) dan mengakhiri dengan bacaan اَلْحَمْدُلِلّهِ
(Alhamdulillah)

9. Tidak merespon dan tidak mudah terpengaruh .

Dimanapun kita berada meski lingkungan itu kurang baik, harus memiliki yang namanya keteguhan hati, memiliki pendirian, keimanan yang kuat. Agar tidak mudah terjerumus dalam sesuatu hal tidak baik, yang tidak di inginkan. Tidak mudah merespon seseorang yang memang hanya untuk meremehkan orang lain, ataupun menjatuhkan orang lain. Meski biarkan mengalir seperti air, namun jangan sampai aliran air itu menjadi aliran yang keruh yang tidak memiliki tempat tujuan akhirnya. Memiliki keimanan yang kuat, melakukannya dengan keputusan yang tepat dalam melakukan sesuatu, yang tidak akan mudah terpengaruh dengan apapun.

10. Tidak suka bergosip dan menjelekan orang lain.

Nah ini yang terkadang paling sulit di lakukan oleh semua orang, tidak perduli itu laki-laki ataupun wanita. Sama saja halnya melakukan gosip dan menjelek-jelekkan orang lain. Namun ketika kita sudah mengegtahui itu kita seharusnya pandai mengalihkan pembicaraan agar hal tersebut tidak terjadi. Karena ketika sudah menjelek-jelekan satu sama lain. Akan membuat sebuah kepercayaan itu hilang kepada orang lain, dan bisa membuat relasi hubungan menjadi tidak baik.

Ya kita memang tidak bisa mengetahui isi hati seseorang dalam melakukan sesuatu hal yang tidak kita ketahui, namun setidaknya. Kita tetap terus berusaha se optimal mungkin untuk tetap melakukan suatu kebaikan. Semua itu kembalikan ke niat karena Allah Swt.

#Day(11)
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallenge30HRDC
#30HariRamadhanDalamCerita
#bianglalahijrah
#IstiqomahSweet